RED YELLOW GREEN, WARNA SEPAKET?

3 warna ini, merah kuning dan hijau seperti sudah menjadi satu paket warna..ternyata selain teman, warna juga bisa sepaket yaa..wkwkwk.(baru tahu gw)..haha

Kalo berteman, ngobrol, main bareng, lama-lama jadi akrab dan jadi teman dekat, dan menjadi sepaket...alias ga bisa diindah pindah. Ternyata 3 warna ini gw sering banget lihat sepaket juga. Contohnya battery pada Hp, warna lampu merah.

Tidak lama di bulan Oktober, di dunia sepak bola muncul kartu baru yaitu kartu hijau. Michael Platini, selaku presiden UEFA yang mengusulkan akan hal tersebut.

Pertama kali diberlakukannya di liga Italia, serie B. Pemain pertama yang resmi diberikan kartu hijau oleh wasit adalah Cristian Galano dari Vicenza. Karena dia sudah berkata jujur diatas lapangan. Yang semestinya dia diberikan tendangan pojok, tapi orang ini berkata jujur, seharusnya dia tidak mendapat tendangan pojok. Lalu wasit memberikannya kartu hijau ini.


Jadi, fungsi dari kartu hijau ini adalah untuk menjadi penghargaan untuk tindakan sportif yang dilakukan pemain di atas lapangan, dan untuk memotivasi para pemain untuk melakukan kebaikan di atas lapangan.

Presiden Serie B mengatakan bahwa ini adalah penghargaan simbolik dan cukup sederhana. Hal yang terpenting adalah untuk bermain secara "fair play". Karena sepak bola adalah permainan yang sengit. Kadang aja bisa 90 menit ga ada gol. Apalagi disuru main fairplay. Susah banget pasti, ya kan? Sama halnya kalo kita lagi ulangan di sekolah, dan soalnya susah. Wahh, mau jujur jadi susah kan? Dan akhirnya mungkin beberapa dari kita melakukan kecurangan. Sepak bola juga sama kyk gitu, mau fairplay tuh rasanya kyk mau minum baygon,wkwkwk. Pokoknya susah banget dechh.

Kan kartu kuning sama merah mulu dah bosen? Setiap pertandingan aja pasti ada aja kalo ga kartu kuning ya kalo ga merah. Jadi karena sudah bosen dengan 2 warna kartu tersebut, jadi, baru dikeluarkan kartu hijau ini untuk sebagai tambahan sekaligus untuk memberikan apresiasi kepada pemain yang melakukan tindakan baik atau jujur di atas lapangan. Nah, setiap akhir bulan, Liga akan mengumumkan pemain dengan kartu hijau tersebut. Gw ga tahu apakah ada semacam penghargaan atau hanya untuk menjaga nama baik pemain itu saja..wkwkkwkw...Semua msh belum jelas krn baru saja diterapkan sistem ini.

Pokoknya yang gw perhatiin kalo di game game gitu. kalo bener suka muncul warna hijau bertuliskan "benar" dan kalau salah warna merah bertuliskan "salah". Jadi tandanya warna hijau itu untuk menunjukkan apresiasi terhadap kita yang melakukan kebenaran atau kebaikan. Akhirnya hal ini diterapkan juga diatas lapangan hijau. Semoga saja prinsip itu diikuti oleh liga liga lainnya.


Berharap saja dengan munculnya kartu hijau ini, para pemain jadi lebih jujur diatas lapangan. Mungkin karena selama ini, wasit banyak "miss" beberapa aksi yang dilakukan oleh para pemain, jadi diterapkannya kartu hijau ini.. Mungkin yaa..wkwkwk..

Sekian dan terimakasih atas perhatiannya, Tuhan memberkati. 

0 komentar: