Brexit

Apa itu Brexit? Apakah berpengaruh ke dunia luar sana? Ada yang menguntungkan? Atau hanya merugikan? Kapan Brexit ini ditetapkan? Oleh siapa? Akan gw jelasin dibawah ini.

Ok, jadi Brexit itu adalah singkatan dari Britain Exit ya bukan yang aneh-aneh...hahahah. Tentu Brexit sangat berpengaruh terhadap dunia ini. Mungkin keuntungannya sangat sedikit, tapi banyak banget kerugiannya yang diterima "this is life though''.hahaha. Referendum brexit ini dipimpin oleh David Cameron pada 23 juni kemaren dan Inggris dapat memulai proses brexit  2 tahun sebelum benar- benar terpisah dengan Uni Eropa. Karena gw sukanya sepakbola, jadi gw jelasin pengaruhnya terhadap sepakbola dulu yaa..hehehe...

Mulai dari Sepakbola. Ada 8 pengaruh brexit terhadap sepakbola.
1. Tidak bebas bergerak- Sebelum adanya brexit ini, semua pemain sepakbola dari Uni Eropa bisa dengan bebas masuk ke klub Inggris. Tapi setelah adanya Brexit, pemain Uni Eropa akan diberlakukan sama dengan pemain Non-Uni Eropa, dimana mereka harus pake work permit untuk mendapatkan izin kerja di Inggris. #majuteruspantangmunduringgris#.. jiayou!!!

2. Izin Kerja
Seperti yang gw udah bilang di atas, untuk dapat izin kerja aja ga gampang gitu.. Hanya pemain yang sudah membela timnasnya selama 2 tahun terakhir.#koqcurangsih#? hahaha.. kalo 1 tahun 11 bulan gimana dong? nyesek bgt..hahaha...

Ranking FIFA 1-10 - minimal 30% main untuk timnas dalam 2 tahun terakhir
Ranking 11-20 - minimal 45%
Ranking 21-30 - minimal 60%
Ranking 31-40 - minimal 75%

Seandainya sudah diberlakukan tahun lalu, kita ga bisa lihat tuh Payet yang bersinar di West Ham, Martial yang menonjol di MU.

3. Inflasi nilai suatu transfer
Jadi, kalo dulu misalnya Payet ke West Ham seharga "x", setelah adanya brexit mungkin jadi "2x". Emang bikin duit cepet abis sihh...tapi ya mau diapain lagi? hahaa..

4. Bosman Ruling
Yang satu ini adalah yang paling berpengaruh. Jadi, Klub Inggris tidak menjamin bisa mengkontrak pemain dari negara lain meskipun kontraknya sudah habis. Tapi, perpindahan internal Britania Raya tetap lancar.

5. Article 19.
Maksudnya adalah batas umur transfer antar negara adalah 18. Namun jika seorang pemain pindah antar Uni Eropa akan diturunkan jadi 16 tahun. Yang satu ini tidak terlalu berpengaruh. Sebab seorang pemain yang masih muda akan bisa dilatih menjadi lebih professional lagi melainkan yang sudah tua.

6. Kewarganegaraan ganda UE.
Dalam hal ini, gw ambil contoh misalnya negara Spanyol. Spanyol masuk dalam peringkat 1-10 di peringkat UEFA. tapi pemainnya yaitu "x" dia tidak bermain dalam 30% di 2 tahun terakhir bersama spanyol. Dia tetap tidak bisa bergabung dengan Inggris meskipun di memiliki paspor Spanyol

7. Home Ground
Yang satu ini sebenarnya adalah keuntungan bukan kerugian. Karena setiap klub wajib memiliki pemain muda untuk dikembangkan menjadi pemain hebat. Tapi, setelah inggris keluar dari UE, tak akan ada lagi pemain non britania yang menjadi home ground di Inggris. Jadi, harus cepat..hahahah

8. Player Pool
Yang satu ini juga tidak merugikan. Dengan semua batasan transfer yang ada, Inggris mau tak mau harus mendidik pemain mudanya. Dengan cara ini, Inggris mungkin akan menjadi salah satu tim yang kuat menghadapi tim-tim elite lainnya untuk menjuarai turnamen besar.

Tentu efek brexit tidak hanya mempengaruhi dunia sepak bola saja.Brexit juga mempengaruhi dunia ekonomi seperti turunnya IHSG, Bursa Asia(emas dll) dan masih banyak lagi yang lain.



Mungkin sekian, terimakasih atas waktunya semua..

0 komentar: